bila bicara perlu berhati-hati, penulisan perlu dari hati...

Wednesday 21 March 2018

tips untuk ibu hamil 4 bulan

comel betul bila tgok anak dato siti nurhaliza kan, berbaloi penantian dia beberapa tahun. dengar lebih 10 tahun penantian dia. Alhamdulillah semua selamat bagi keluarga Dato Siti.

secara official saya up gambar di atas ni... saya dah 4 bulan. semoga semua baik2 dan berjalan lancar sehingga saya bersalin. 

ni saya simpan tips ibu hamil 4 bulan untuk rujukan saya sendiri dan anda yang membaca blog saya ini. ni saya copy dari website https://bidanku.com/makanan-untuk-ibu-hamil-4-bulan

Kini usia kehamilan anda memasuki usia 4 bulan. Pada usia 4 bulan perkembang janin semakin mendekati pembentukan organ yang sempurna atau bahkan ada yang sudah sempurna. Anda harus tetap berhati-hati pada bulan ke 4, masih dalam kategori bulan kritis yang memerlukan perlindungan sehingga mengurangi gangguan kesehatan janin atau keguguran.

Pada bulan ke 4 organ penglihatan yaitu bagian kornea, iris, lensa dan juga retina sudah berfungsi. Kemampuan janin dalam organ penglihatan yaitu ketika janin mengedipkan maya dan peka pada cahaya. Selanjutnya organ pendengaran, telinga janin sudah menempati posisinya. Pada bulan ini alat kelamin semakin berkembang nyata dan mulai tampak melihat. Bahkan di minggu akhir bulan ke 4 kehamilan. 

Bayi sudah dapat mendengar denyut jantung, suara anda dan suara perut. Secara fisik pada bulan ke 4 semakin terlihat perubahan. Ibu dianjurkan menggunakan baju hamil. Hal ini karena gerakan semakin aktif, hati yang berfungsi akan membentuk darah, biliburin dan metabolisme hemoglobin. Untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin  di usia kehamilan 4 bulan.


Berikut ini adalah makanan untuk ibu hamil 4 bulan :

1. Perkaya dengan kandungan serat
Pada awal bulan ke 4 anda dapat mengkonsumsi lebih banyak serat. Karena kondisi fisik yang semakin berubah di bulan ke 4 seringkali menimbulkan keluhan. Untuk mengurangi keluhan selama kehamilan yang berhubungan dengan pencernaan maka anda dapat mengkonsumsi serat untuk mengurangi risiko sembelit. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti jeruk, kacang-kacangan, semangka atau brokoli

2. Kalsium
Makanan yang mengandung kalsium memang sangat dibutuhkan. Bahkan kalsium sudah sangat dibutuhkan di awal kehamilan. Peranan kalsium sangat penting dalam tumbuh kembang tulang rawan pada janin. Anda dapat menyediakan kalsium yang cukup dengan mengkonsumsi keju, susu dan sayuran yang berdaun hijau. Hal ini untuk mengurangi resiko kalsium yang terambil di dalam tubuh ibu.

3. Protein
Selama perkembangan janin di dalam kandungan anda membutuhkan protein. Protein selalu dibutuhkan sehingga setiap anda mengkonsumsi makanan pastikan dilengkapi dengan protein nabati atau protein hewani. Anda dapat memilih bahan makanan yang terkandung di sayuran, buah-buaham, suu atau telur. Anda sediakan protein yang berkecukupan sehingga dapat proses pembelahan sel. 

4. Rendah lemak
Berat badan akan mulai meningkat pada kehamilan bulan ke 4. Sehingga asupan lemak pada ibu hamil harus dikontrol. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang rendah lemak sebagai menu harian anda. Pilihlah susu yang rendah lemak dan daging tanpa lemak yang baik untuk kesehatan sehingga baik di bulan ke 4 kehamilan anda.

5. Zat Besi
Ibu hamil mudah terserang anemia sehingga anda harus dapat menjaga asupan zat besi di dalam tubuh. Asupan zat besi sangat penting untuk membentuk darah dan membantu nutrisi yang cukup selama janin di dalam kandungan. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan zat besi diantaranya adalah kurma, pisang, atau labu.

Be First to Post Comment !
Post a Comment